Slider

Sumatera Barat

Kota Padang

Sport

Opini

Nasional

Agam

» » Jokowi Merevitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang


Ini Yang Menggerakan Hati Jokowi Merevitalisasi Kawasan Saribu Rumah GadangJetnews, Padang - Presiden Joko Widodo menceritakan kekagumannya terhadap rumah gadang saat dia pertama kali melihat bangunan itu di Solok Selatan, Sumatera Barat, pada 1983.
Rasa kekaguman itulah yang menggerakan hati Jokowi ingin merevitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang di Solok Selatan.
"Jadi saya ingat betul waktu naik (gunung) Kerinci, lewat Solok Selatan, kekaguman saya akan rumah tradisi, rumah adat yang sangat cantik dan indah sekali," jelas Jokowi saat peringatan puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Danau Cimpago, Padang, Jumat.
Jokowi melakukan ekspedisi Gunung Kerinci pada 1983 saat masih menjadi mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM. Kala itu dia bergabung dalam Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Silvagama.
Presiden Joko Widodo mencanangkan revitalisasi total kawasan saribu rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan saat peringatan puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Danau Cimpago, Padang.
"Nanti revitalisasi ini sekaligus merupakan prototipe untuk rumah gadang yang ada di Sumatera Barat khususnya juga di seluruh pelosok tanah air," kata Kepala Negara.
Menurut Presiden, pemerintah diharapkan dapat menyelesaikan pembangunannya pada tahun ini.
Presiden juga menyampaikan kekagumannya ketika melintasi Desa Pariangan di Kabupaten Tanah Datar yang sangat indah dan berpotensi untuk industri pariwisata.
"Sekalian saya tugaskan selain yang ada di Solok Selatan, di desa yang tadi pagi itu saya lihat untuk bisa diselesaikan tahun ini. Landscape, restorasi rumah-rumah yang ada, sehingga akan menambah cantik rumah yang ada di Solok Selatan maupun Pariangan tadi," ujar Presiden.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama