Slider

Sumatera Barat

Kota Padang

Sport

Opini

Nasional

Agam

» » Dubes New Zealand Kunjungi (BPTU-HPT) Padang Mengatas Sumbar

Jetnews, Lima Puluh Kota - Keindahan alam dan peternakan yang ada di Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijau Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas di Kabupaten Limapuluh Kota, yang banyak dinyatakan berbagai pihak merupakan 'New Zealand'nya Indonesia, mengundang perhatian Duta Besar New Zealand (Selandia Baru) untuk datang berkunjung ke daerah tersebut.
Hal ini diungkapkan Dubes New Zealand, Dr Trevor Matheson ketika berbincang-bincang dengan Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi usai menjadi narasumber pada Rapat kerja Nasional (Rakornas) Badan Nasional Penanggunalangan Bencana (BNPB) di Bali beberapa waktu yang lalu.
"Benar, kita sudah berbincang dengan Mr Trevor Matheson, kata beliau dalam waktu dekat akan datang ke Lima Puluh Kota, tentunya melihat New Zealandnya Indonesia, sekaligus meninjau potensi peternakan yang ada di daerah kita," ujar bupati didampingi Kepala Pelaksanan Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Lima Puluh Kota, Joni Amir S.sos, Kamis (22/2).
Menurut Irfendi, kedatangan Dubes New Zealand tersebut dipastikan, dengan telah dimasukkannya kunjungan kerja Dr Trevor Marteson oleh Senior Develpment Pragramme Coordinator, Firliana Purwanti ke dalam agenda kerjanya.
"Kita sambut baik kedatangan dubes ke Lima Puluh Kota, semoga kedatangannya nanti dapat memepererat kerja sama antar dua negara, sekaligus dapat bertukar pengalaman dan pengetahuan terkait wisata dan peternakan yang ada di kabupaten kita," tambahnya.
Dikatakannya, saat ini Pemkab Lima Puluh Kota sedang gencar mensukseskan program pengembangan ternak sapi potong unggul kepada masyarakat, dengan pemeliharaan sapi unggul diyakini akan dapat meningkatkan pendapatan peternak, sekaligus membuka peluang kerja, dan pemberantasan pengangguran.
“Dengan kesusksesan kehidupan peternakan di New Zealand, tentunya akan banyak memberikan pengetahuan kepada kita nantinya, terutama belajar cara pemeliharaan sapi potong unggul jenis simental di Lima Puluh Kota. Tujuannya, untuk meningkatkan SDM para peternak sapi potong dimaksud,” ujar Irfendi.
Irfendi juga meyakini, dengan hadirnya tokoh-tokoh mancanegara ke Kabupaten Lima Puluh Kota, khususnya di BPTU-HPT Padang Mengatas, selain berdampak positif terhadap perkembangan peternakan, juga diyakini dapat mendongkrak perkembangan wisata di kabupaten yang dipimpinnya.
"Seperti kita ketahui, Padang Mengatas, New Zealandnya Indonesia ini sangat berpotensi untuk dikembangkan, keunikannya yang memiliki pemandangan hijau rerumputan membuat semua orang terpesona, apalagi dilokasi ini juga dimanjakan dengan pemandangan ratusan hewan ternak." sebutnya
Menurutnya, saat ini pemkab tetap fokus melakukan pengembangan wisata berkelanjutan didaerahnya, salah satunya pengembangan Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijau Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mangateh. "Kita akan terus kembangkan pembibitan ternak seperti ini, jadi nanti orang datang ke Limap Puluh Kota, bukan hanya melihat peternakan sapi potong saja, tapi juga menikmati suasana yang tidak kalah dengan suasana di New Zewland," pungkasnya.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama