Slider

Sumatera Barat

Kota Padang

Sport

Opini

Nasional

Agam

» » » Musrenbang yang dihadiri oleh anggota Dprd Agam dari dapil IV


Agam  - Anggota DPRD Agam hadiri kegiatan Musrenbang bahkan lebih Dikatakan mengawal acara musrenbang tersebut di berbagai kecamatan yaitu kecamatan Baso ,Kecamatan Canduang , Kecamatan Palambayan ,dan Kecamatan IV Koto yang di tiap tempat dihadiri oleh beberapa anggota DPRD Agam yang ikut langsung dalam acara tersebut .


Di Hari pertama dimulai musrenbang Kecamatan di Kabupaten Agam  tahun 2018 untuk rencana pembangunan tahun 2019, Anggota Dprd Agam dari daerah pemilihan IV menghadiri acara Musrenbang yang hari ini diadakan di di Kantor Camat Baso,Tim Fasilitasi Musrenbang Kabupaten Agam  yang di ketuai oleh asisten II Ir.Isman Imran serta di dampingi oleh kepala OPD,Kabag dan Pejabat Struktural lainnya.
Musrenbang yang dihadiri oleh anggota  Dprd Agam dari dapil IV wakil ketua Dprd Suharman ,anggota Dprd Agam Gusdanur  Dt Itam,Syaflin, Ais Bakri, Arman J Piliang ,Bulqaini juga turut hadir Sekretaris Dprd Agam Indra Dt Baradai.

Wakil ketua Dprd Agam Suharman dalam sambutan menyampaikan bahwa Musrenbang di Kecamatan ini adalah merupakan tahap kedua dalam perencanaan pembangunan Nasional setelah Musrenbang Nagari.


Anggota Dprd  punya harapan besar  melalui Musrenbag ini adalah untuk melahirkan program  kegiatan yang di butuhkan oleh masyarakat serta untuk menampung aspirasi dan menyesuaikan dengan pokir anggota Dprd  dan sejalan dengan RPJMD Kabupaten Agam 2016-2021.

Pada Hari berikutnya Anggota DPRD Kabupaten Agam menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2019, Kecamatan Candung, di Gedung Serbaguna Nagari Bukik Batabuah, Rabu (14/02/). Juga turut hadir pada kesempatan itu Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Murdani, SE, MM yang merupakan Putra Kecamatan Canduang.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Agam, Suharman, menyampaikan bahwa yang belum tertampung dalam musrenbang tersebut akan masuk ke Pokir Anggota DPRD dan Rencana Kerja (Renja) OPD.

“Kita berharap seluruh Anggota DPRD Agam yang hadir pada musrenbang ini dapat menjadikan ini sebagai representasi dari seluruh masyarakat. Meskipun beda partai, namun visi dan misi tetap sama yaitu untuk memajukan masyarakat Kabupaten Agam secara keseluruhan sesuai dengan visi misi Kabupaten Agam,” jelasnya.

Ia menambahkan, seluruh perencanaan ini akan bermuara dan menjadi bahan pembahasan di DPRD Agam. Untuk Anggota DPRD Sumbar, Suharman berharap, agar bersama-sama membangun sinergitas dalam memajukan pembangunan Kabupaten Agam yang luas ini. Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Murdani, SE, MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa berbicara tentang musrenbang artinya bicara tentang prioritas dan kewenangan.

“Saat ini, secara fisik pembangunan di Kecamatan Canduang sudah hampir rampung dan mungkin tidak seberapa lagi. Hal ini terbukti dengan hampir meratanya pembangunan sarana dan prasarana di tiap-tiap nagari,” ujarnya.

Ia menyebut, pada saat ini yang penting adalah peningkatan ekonomi kerakyatan dan pembangunan SDM. Karena, ekonomi kerakyatan yang diharapkan tentu berbasis pada potensi lokal nagari. Namun, masih banyak potensi-potensi di Kecamatan Canduang yang belum terolah maksimal.

“Dalam merumuskan hasil musranbang, kita akan memilah dan memilih apa yang akan menjadi kewenangan kabupaten dan nagari, dan mana yang tidak mampu diakomodir oleh kabupaten akan menjadi pokir DPRD provinsi nantinya,” ungkap Murdani.

Ketua Tim Fasilitator Musrenbang Kabupaten Agam. Drs. Welfizar, M. Si menyampaikan bahwa saat ini Agam telah menerapkan e-Planning dalam perencanaan pembangunan. Secara tahapan hampir sama dengan yang lalu, namun untuk yang sekarang ini harus memperhatikan batas waktu dalam menginput usulan-usulan pembangunan.

Kegiatan Musrenbang ini juga dihadiri oleh Sekretaris DPRD Agam, Indra S.Sos, MAP, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Agam, Forkopimda Plus, Walinagari, Ketua Bamus, Ketua KAN, Kepala Sekolah, Tokoh Masyarakat dan Stakeholders lainnya.

Sedangkan Musrenbang untuk tahun 2019 Pada Kecamatan Palembayan dilaksanakan  di Aula Kantor Camat Palembayan, Kamis (15/02/). Pada kesempatan itu, Anggota DPRD Agam yang hadir yaitu Jondra Marjaya dan Rizki Abdillah.

Jondra Marjaya, dalam sambutannya mengharapkan agar Pemerintah Daerah memberikan perhatian khusus ke Kecamatan Palembayan. Karena kecamatan itu menurutnya masih termasuk dalam daerah tertinggal di Kabupaten Agam.

"Saat ini irigasi perlu diperhatikan karena banyak yang jebol, sehingga banyak lahan pertanian beralih fungsi. Selain itu guru honor juga butuh perhatian terutama soal gaji-gaji mereka, kalau bisa diusulkan untuk menjadi PNS," ungkap politisi Demokrat tersebut.

Ia juga menyampaikan kepada Dinas Periwisata agar memberikan perhatian kedapa Kecamatan Palembayan karena masih banyak potensi-potensi wisata untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 "Tidak hanya itu, pasar-pasar dan sarana olagraga seperti lapangan bola, basket dan lain sebagainya juga harus diperhatikan tentang kejelasan tanahnya, jangan sampai nanti terjadi masalah terkait dengan tanah. Karena sarana olahraga ini saat berguna bagi generasi muda untuk terjauh dari pengaruh narkoba dan pergaulan bebas," jelasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Agam, Rizki Abdillah menyebut melalui humas Dprd Agam Hasneril pembangunan jalan dari Padang Koto Gadang ke Matur untuk diberikan dukungan bersama-sama agar dapat berjalan lancar. 

"Karena dengan diperbaikinya jalan tersebut, bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Selain itu KK miskin perlu juga jafi perhatian pemerintah, karena masih banyak keluhan dari masyarakat terkait dengan pemabagian raskin," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Tim Fasilitator Musrenbang, Mulyadi, menyampaikan bahwa saat ini Agam telah menerapkan e-Planning dalam perencanaan pembangunan.

Ketua tim Fasilitator Musrenbang, Mulyadi, menyebutkan, sesuai mekanisme yang ada, musrenbang merupakan bagian penting dalam pematangan persiapan dan rancangan pembangunan daerah, yang bermuara pada penetapan skala prioritas yang dibutuhkan masyarakat.

Dan Pada hari Yang Sama Musrenbang 2019 kecamatan IV koto, Kamis, (15/2) di aula kantor Camat di Koto Tuo di hadiri Anggota DPRD Agam daerah pemilihan V masing-masing Uswan Yahya, Toshelmadi, SH, Anton, SH, .Irfawaldi, SH, dan Aderia hadiri secara khusus musyawarah rencana  pembangunan 


Seperti diungkap Irfawaldi, yang mewakili anggota DPRD Agam Dapil V, yang memberi apresiasi atas kehadiran seluruh unsur dan stakeholders yang tiap tahun selalu menghadiri acara musrenbang di tingkat kecamatan tersebut.

Musrenbang fokus pada berbagai usulan yang diajukan pemerintah nagari yang berdasarkan aspirasi masyarakat di nagari masing-masing yang diharapkan bisa menjadi agenda prioritas ditingkat kecamatan dan ditindaklanjuti sesuai kebutuhan prioritas masyarakat.

Diharapkan Irfawaldi, elemen terkait diharapkan bisa lebih selektif dalam mengusulkan proyek pembangunan, mengingat banyaknya kebutuhan sarana prasarana yang disampaikan masyarajat dan apa yang diusulkan benar-benar merupakan kebutuhan prioritas masyarakat dalam mendorong optimalnya potensi ekonomi dan muaranya untuk kesejahteran dan kemajuan masyarakat, “kami akan kawal hasil musrenbang ini ditingkat kabupaten, “sebutnya.

Irfawaldi, dalam moment itu juga menyinggung percepatan pembentukan DOB (Daerah Otonomi Baru) yang merupakan kebutuhan mendesak bagi kabupaten Agam yang dikenal sangat luas, ” masyarakat akan sangat terbantu DOB terealisasi, ” sebutnya.

Musrenbang 2019 kecamatan IV Koto yang berlanjut dengan sesi diskusi itu dihadiri anggota DPRD Agam Dapil V dan tim fasilitator dari Pemkab Agam termasuk sekretaris DPRD Agam Indra Dt. Baradai, wali nagari dan tokoh-tokoh masyarakat setempat.(nng/hms)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama