Slider

Sumatera Barat

Kota Padang

Sport

Opini

Nasional

Agam

» » » LAUNCHING PELAYANAN SAMSAT NAGARI

Launching sams

Wagub Sumbar Drs. H. Nasrul Abit bersama Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Fakhrizal, M.Hum. mendampingi Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa MM, dalam rangka acara peluncuran layanan Samsat Sumatera Barat, yang bertempat di Nagari Koto Baru Kab. Solok.

Dalam sambutannya, Wagub Nasrul Abit mengatakan bahwa dengan adanya samsat nagari dapat memudahkan warganya dalam mengurus surat-surat kendaraan terutama yang tinggal di pelosok nagari. Sehingga, masyarakat nagari tidak perlu jauh ke kota untuk mengurus surat kendaraannya, karena sudah ada di nagarinya.

Nasrul Abit juga berharap, dengan dioperasionalkannya Samsat Nagari di Sumbar, yakni di Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok dan Nagari Pasir Talang, Kabupaten Solok Selatan dapat menjadi contoh bagi nagari lainnya yang ada di Sumbar sehingga masyarakat dapat terlayani memenuhi kewajiban membayar pajak dengan mudah.

Sementara itu Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan dengan adanya layanan samsat di tingkat nagari/desa akan memberikan kemudahan masyarakat untuk melakukan pengurusan surat kendaraan bermotor.

“Jadi, Sumbar dapat dijadikan provinsi kedua setelah Yogyakarta sebagai daerah percontohan samsat untuk nagari ini. Daerah yang dipilih yakni Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok. Artinya dengan hal ini telah sejalan dengan program prioritas Korlantas Polri,” ujarnya.

Ia menjelaskan, samsat nagari dibentuk berdasarkan pertimbangan dari populasi pertumbuhan kendaraan bermotor sehingga berpengaruh terhadap registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, khususnya dalam hal pelayanan publik di bidang kesamsatan.

“Semoga saja dengan adanya samsat desa ini mempermudah masyarakat dalam perpanjangan STNK dan yang lainnya, mudah-mudahan kita bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” pungkas Royke Lumowa.

Samsat adalah Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap yang merupakan suatu sistem administrasi yang dibentuk untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kepentingan masyarakat yang kegiatannya diselenggarakan dalam satu gedung.

Sumber : www.cendananews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama