Slider

Sumatera Barat

Kota Padang

Sport

Opini

Nasional

Agam

» » » Inilah fakta perkembangan Rencana pemekaran DOB Ranah Indo Jati



Perkembangan rencana pemekaran Daerah Otonomi Baru Renah indojati yang merupakan pemekaran dari kabupaten Pesisir Selatan  yang berlokasi dari kecamatan  Airpura sampai ke  kecamatan Silaut .

Setelah beberapa saat lalu buming di dalam wilayah Ranah Indojati tersebut akan pemekaran nya namun hingga sampai saat ini hal itu ibarat api jauh dari panggangan memang rencana pemekaran tersebut telah di bahas dalam
 rapat panja dan rapat kerja DPR dengan pemerintah dan DPD yang mana ada 65 usulan Rancangan Undang Undang (RUU) Daerah Otonom salah  satu dari RUU DOB tersebut adalah pembentukan Kabupaten Renah Indojati yang merupakan pe­mekaran dari Kabupaten Pesisir Selatan.

Namun RUU Pemben­tukan Kabupaten Renah Indojati batal disetujui menjadi UU dan selanjutnya diserahkan kepada pemerintah dan DPR periode(2014-2019) sekarang ini . 
Disamping itu pem­bentukan DOB disesuaikan de­ngan UU 23 Tahun 2014, yaitu tidak ada lagi pemekaran yang melahirkan langsung DOB, tapi diawali dengan daerah persiapan selama 3 tahun. 
Jadi peme­karan daerah harus disesuaikan dengan UU yang baru. Sesuai amanat UU No 23 tahun 2014, peme­karan daerah baru bisa dilakukan setelah ada PP tentang Penataan Daerah dan PP Desartada.

Begitu juga dengan pem­bentukan Renah Indojati, tidak bisa langsung menjadi DOB. Meski sudah dibahas dalam rapat panja dan rapat kerja DPR bersama pemerintah dan DPD sebaai DOB, Renah Indojati tidak bisa langsung menjadi DOB, tapi harus melalui tahapan sebagai daerah persiapan selama 3 tahun, barulah bisa menjadi dearah otonomi baru .
Hanya saja proses Renah Indojati tidak dimulai lagi dari nol atau dari awal Prosesnya tidak dimu­lai lagi dari nol Cukup direview saja disamping menyesuaikan dengan persyaratan yang di­amanatkan UU Nomor 23 tahun 2014,

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama