Slider

Sumatera Barat

Kota Padang

Sport

Opini

Nasional

Agam

» » DUA NAGARI SUNGAI NYALO BERBAGI PRESTASI



Sungai Nyalo urang mamukek

Kanai maco jo ambu-ambu

Nak basuo yo indak kadapek, kanduang

Baok lalok dimimpi kok lai batamu.

(Elly Kasim: Artis Legenda Hidup Minang)


Pertama,

Minggu lalu, Nagari Sungai Nyalo, Kec. Koto XI Tarusan meraih penghargaan prestisius 'Desa Wisata Award' dari Kementerian Desa dan PDTT RI.

Pernghargaan itu hanya didapat 10 desa dari lebih 74.000 desa di indonesia. Tentu Pessel boleh berbangga menggondol penghargaan tersebut, karena salah satu nagariing Nagari Sungai Nyalo, Kec. Tarusan suasana sebagai destinasi wisata baru dengan perkembangan cepat.


Nagari Sungai Nyalo adalah salah satu nagari yang masuk kedalam KWBT Mandeh yang memang memiliki potensi wisata bahari yang menjanjikan.


Dari Tokoh Nasional Andrinov Chaniago turut mengadvokasi warga dengan program peserta maka geliat wisata di Mandeh dan khususnya Sungai Nyalo, kian benderang.


Hasil infratruktur pariwisata yang menitikberatkan pada partisipasi masyarakat sekitar tumbuh subur, konsep ini diterima baik oleh penduduk karena mereka bagian dari pelaku dan tidak hanya penonton atau bahkan tamu dirumah sendiri.


Mantan Kepala Bappenas, soal pemberdayaan tentu Andrinov ahlinya, karena sudah teruji dan shahih sebagai bentuk pembangunan kerakyatan yang memberdayakan potensi lokal.


Menuru Komisaris Utama BRI itu, saat ini 10 set kursi pantai di Pulau Setan minggu lalu, ia bahkan sudah berkembang pesat Kawasan Mandeh sudah siap membuat berbagai pihak ingin berinvestasi.


Bahkan ia berharap agar Mandeh perlu semua pihak, karena Mandeh bukan hanya milik Pessel sudah menjadi milik Sumatera Barat sehingga menjadi tanggung jawab bersama membangunnya.


Kedua,


Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiak, Kec. Batang Kapas, juga menyentak perhatian publik Pesisir Selatan karena keluar sebagai nagari berprestasi pertama tingkat kabupaten.


Jumat, 19 Mei 2017, tim penilai nagari berprestasi Sumatera Barat juga datang bertandang. Hendak melihat langsung geliat nagari yang paska ditetapkan sebagai 4 nagari berprestasi tingkat Sumbar.


Jika Nagari Sungai Nyalo Tarusan sudah menoreh prediket nasional, ada harapan Nagari Sungai Nyalo, Batang Kapeh yang dipimpin anak muda, Ulil Amri itu jadi best provinsi dan kecepatan ketingkat nasional.


Saat dikemudian menurut Sekda Erizon, lihat dari tampilan fisik, Nagari Sungai Nyalo layak menjadi yang terbaik, ditambah unsur subyektif hampir 80 persen tim penilai orang Pessel yang dinas di provinsi.


Namun, secara berkelakar Syafrizal Ucok, Kepala BPM Prov. Sumbar mengaku akan berlaku objektif dan netral, namun peluang untuk terbaik Sumbar terbuka lebar.


Andaikata Sungai Nyalo Batang Kapas terpilih jadi yang terbaik maka Duo Sungai Nyalo akan terus menyala menjadi nagari terbaik, selamat.
(sumber : Humas Kab.Pesisir Selatan)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama